1. PO NUSANTARA
PO NUSANTARA adalah
salah satu Perusahaan Otobus terbesar di indonesia yang sudah berdiri
40 tahun lebih jadi pagi penggemar bus di indonesia pasti mengenal PO
NUSANTARA. Kali ini saya akan membagikan sedikit sejarah singkat dari PO
Nusantara dan memberikan beberapa Foto Bis PO Nusantara karena diluar
sana sudah banyak yang menceritakan sejarah PO Nusantara lebih detail.
Mungkin saya hanya akan menambahkan beberapa informasi terbaru dari PO
Nusantara. Oke langsung saja menuju TKP.
Berdiri tahun : 1968 di Kudus, Jawa tengah
Pendiri : Yonatan Budianto
VIDEO REAL SIMULATOR BUS DISINI SMT Channel youtube
2. PO PAHALA KENCANA
PT Pahala Kencana didirikan di Kudus sebuah kota kecil di Jawa Tengah pada tahun 1976. Bergerak di bidang usaha Bus Antar Kota Antar Propinsi dengan melayani rute Kudus-Jakarta PP dan Solo-Jakarta PP. Situasi pergerakan bisnis yang dinamis memacu Pahala Kencana untuk terus mengembang wilayah operasi pemasarannya hingga menjangkau beberapa kota besar dan kecil di P. Sumatra, Jawa, Madura, Bali, dan Lombok.
Pada
tahun 2000 terbukanya kesempatan pengembangan bisnis di bidang usaha
transportasi angkutan darat memaksa manajemen memindahkan kantor pusat
PT Pahala Kencana yang pada saat itu berada di Kudus ke Jakarta.Pada
tahun 1993, PT Pahala Kencana mengembangkan usaha Jasa Titipan Pahala
Kencana yang pada awal usahanya pengiriman barang Jasa Titipan Pahala
Kencana hanya melayani tujuan-tujuan sesuai rute operasi bus,
mengandalkan sisa ruang bagasi penumpang, dan mengoperasikan sedikit
kendaraan kecil sebagai moda antar kiriman barang. Saat ini Jasa Titipan
Pahala Kencana yang telah berubah nama menjadi Pahala Express melayani
pengiriman ke lebih dari 200 kota besar dan kecil di seluruh Indonesia
dan lebih dari 200 negara tujuan dengan mengandalkan lebih dari 100 unit
armada pengiriman barang.
Pada
tahun yang sama PT Pahala Kencana mendirikan Biro Perjalanan Wisata PT
BPW Pahala Kencana yang kemudian lebih dikenal dengan nama PT Pahala
Tours & Travel. Melayani penyelenggaraan wisata, domestik &
international ticketing, dan MICE.
Pada
tahun 1997, PT Pahala Kencana memasuki bidang usaha transportasi dalam
kota dengan mengoperasikan sejumlah armada Bus Kota yang melayani
beberapa rute padat di wilayah Jakarta.
Pada
tahun 2005 dampak tarif murah pada bisnis penerbangan Indonesia
menjadikan tantangan baru. PT Pahala Kencana mengembangkan usaha
penjualan tiket pesawat udara yang berkonsentrasi pada penjualan tiket
penerbangan dengan tarif murah dengan mendirikan PT Nata Tours.http://www.pahalakencana.com/pahalakencana/page.php?ver=&id=2&cid=34
3. PO AKAS GRUP
4. PO EFISIENSI
3. PO AKAS GRUP
1 Akas
1 dipimpin Pak Harsono dengan trayek khusus jalur Surabaya Banyuwangi
atau Malang Banyuwangi lewat jalur utara (Situbondo). Ciri-ciri bis ini
adalah tulisan Akas hurufnya masing-masing tertulis terpisah. Saya dapat
cerita dari Pak Harsono bahwa Akas itu singkatan dari “Allah Kuasa Alam
Semesta”. Jumlah armada Akas 1 tidak sebanyak yang lain, kata mekanik
di garasi ini, pemiliknya lebih senang bereskperimen dengan busnya dari
pada mengembangkannya, jadi jangan heran kalau dulu busnya banyak yang
sudah tidak standard dan jadi banter.
2. Akas
2 dipimpin Pak Hartoyo (Tingok) dengan trayek ke timur lewat selatan
(Jember). Dalam perkembangan, Akas 2 ini memiliki armada terbanyak
dengan jurusan sampai ke Jateng (khusus jalur selatan spt Madiun, Solo,
Jogja, Ponorogo) dan Bali. Di garasi ini selain nama Akas, ada juga nama
Yuangga, Indonesia Abadi, Harapan Kita dan beberapa nama lain lagi yang
saya nggak hapal.
3. Akas
3 kebanyakan mempunyai rute yang sama dengan akas 2 dan sekarang banyak
memakai nama Anggun Krida, Kurnia Abadi. Dulu sempat punya armada ATB
dengan trayek Jember Tegal
4.
Akas 4 mempunyai rute yang berhimpitan dengan Akas 1 dan sudah masuk
juga ke Jateng khusus jalur utara (Semarang) dan Bali. Ciri-ciri bis ini
dulunya warna bisnya dominan abu-abu.
Dari
keempat kepemilikan tersebut ada satu nama yang saya tidak tahu
kepemilikannya cuman garasinya masuk di Akas 4, yaitu Mila dan Karmina
Rizki. Kalau dapat cerita dari kru, Mila singkatan dari “Milik Akas”
tapi gak tahu Akas yang mana.
Pada generasi ke 3 hanya sedikit informasi yang saya dapat, yaitu :
1. Akas
1 sepertinya masih dikelola bersama oleh anak dari pemilik Akas 1,
cuman saya lihat nggak ada perkembangan mulai dari dulu sampai sekarang.
2. Akas
2 berpindah kelola ke generasi ke 3 yaitu Akas Asri (dipimpin oleh Bu
Sri), Akas NNR (NNR=Nike Nora Roy) dan Akas … (sepertinya Akas saja tapi
ada warna hijaunya). Pembagian ini bukan dari jumlah anak Pak Tingok,
tetapi berdasarkan dari beberapa istri dari Pak Tingok. Akas Asri
berkembang ke bis Malam Jember Jakarta dan Kepanjen Malang Surabaya
Jakarta. Cuman trayek yang Malang Jakarta tidak bertahan lama. Akas NNR
punya banyak ATB ke Solo, Jogja, Ponorogo dan Cirebon (pakai nama
Harapan Kita, atau orang komuter Cirebon Probolinggo bilangnya HK atau
Harkit).
3. Akas 3 masih belum terbagi
4. Akas 4 masih belum terbagi dan banyak main di Pariwisata.4. PO EFISIENSI
Keberadaan
bus PATAS EFISIENSI menjadi primadona baru di jalur selatan. Siapa yang
tidak mengenal dengan PO dari Kebumen ini. Berawal dari bisnis bus
pariwisata kini EFISIENSI menjadi pemain utama PATAS jalur selatan
trayek Cilacap-Jogja dan Purwokerto-Jogja. Trayek Cilacap-Jogja mulai
beroperasi pada tahun 2002. Saat itu belum ada perusahaan otobus (PO)
yang melayani PATAS, padahal di Cilacap sendiri ada beberapa PO yang
cukup dikenal masyarakat seperti PO Aman dan PO Utama Putra. Kedua PO
tersebut pernah mengerahkan armada ATB untuk melayani trayek
Cilacap-Jogja-Solo.
Perlahan
namun pasti EFISIENSI mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat
sehingga tahun 2008 dibukalah trayek Purwokerto-Jogja. Pada jalur ini,
sudah ada pemain lama yaitu PO Raharja, PO Mulyo, PO Teguh dan PO Citra
Adi Lancar yang melayani hingga Tegal. Masuknya EFISIENSI di trayek ini
membuat para pemain lama kalah bersaing. PO Raharja mengalihkan
armadanya untuk jurusan jakarta dan PO Mulyo beralih menjadi ATB
Purwokerto-Jogja. Lantas apa yang membuat PO Efisiensi menjadi seperti
saat ini?
0 comments:
Posting Komentar